postheadericon Provinsi DKI Jakarta Raya

clip_image002

Daerah Khusus Ibukota Jakarta(DKI) Jakarta berdiri pada tanggal 10 Februari 1965 berdasarkan UU No.1/1961. Terletak di pulau Jawa,luasnya 661,62 km/persegi. Menurut hasil sensus tahun 2000 jumlah penduduknya 8.356.489 jiwa. DKI Jakarta berada pada posisi 60-70 LS dan 1070- 1080 BT,beribukota Jakarta.

DKI Jaya sebagai ibukota berstatus khusus karena kebijaksanaan langsung kepada presiden sebagai kepala Negara.Hal khusus lainnya provinsi ini tidak membahas daerah otonom baik kabupaten maupun kota.Yang ada hanya administratif.

Daerah Khusus Ibukota Jakarta mempunyai lambing berbentuk perisai segilima. Di dalam perisai terdapat tugu Monumen Nasional (Monas) sebagai identitas utama ibukota Jakarta,padi dan kapas sebagai lambang pemenuhan pangan dan sandang,ombak laut yang melambangkan letak geografis kota pelabuhan,pintu gerbang yang menginginkan Jakarta sebagai awal masuk/pintu gerbang menuju bangsa Indonesia.

Provinsi DKI Jakarta terdiri atas lima kota administrative dengan pembagian sebagai berikut :

1. Kotif Jakarta Pusat (Menteng)

2. Kotif Jakata Barat ( Tomang )

3. Kotif Jakarta Selatan (Kebayoran)

4. Kotif Jakarta Timur (Jatinegara)

5. Kotif Jakarta Utara ( Koja )

Sebagai pusat ibukota pemerintahan negeri kita,Jakarta mempunyai banyak keunikan tersendiri dibandingkan kota –kota lainnya di Indonesia,kota ini dihuni oleh penduduk asli nya ,yaitu suku Betawi.Tidak hanya itu,Jakarta juga tempat berkumpul nya bermacam-macam suku,agama,ras,golongan yang membentuk komunitas nya masing-masing.

Jakarta juga disebut sebagai kota ‘pengaharapan’,karena di Jakarta banyak terdapat lapangan pekerjaan,sehingga banyak orang berduyun-duyun datang untuk mengadu nasib ke Jakarta.

0 comments:

I Love Indonesia

Labels

Followers